Headlines
Loading...
7 Cendikiawan dan Sejarawan Muslim Terkenal di Abad Pertengahan Masehi

7 Cendikiawan dan Sejarawan Muslim Terkenal di Abad Pertengahan Masehi

Ibnu Sina 

Bapak Kedokteran Modern Pertama

Ibnu Sina dikenal juga sebagai "Avicenna" di dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan dokter kelahiran Persia. Ia juga seorang penulis yang produktif yang sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan kedokteran.


Ibnu Sina lahir pada tahun 980 Masehi di  Afshona, Peshkunskiy, Bukhara Dinasti Samaniyah.


Bagi banyak orang, dia adalah "Bapak Kedokteran Modern". Karyanya yang sangat terkenal adalah al-Qānūn fī aṭ-Ṭibb yang merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.


Fatimah Al-Fihri

Pendiri Universitas Pertama di Dunia

Fatima binti Muhammad al-Fihriya al-Qurashiya  adalah pendiri masjid Al-Qarawiyyin tahun 859 M yang kemudian berkembang menjadi Universitas Al-Qarawiyyin tahun 1963 di Fez, Maroko. Universitas tersebut adalah universitas pertama di dunia. Dia juga dikenal sebagai "Umm al-Banayn".


Ibnu Batutah

Penemu Pertama 300 Jalur Laut

Ibnu Batutah atau Muhammad bin Batutah yang bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Abdullah Al-Lawati At-Tanji bin Batutah adalah seorang alim (cendekiawan) Maroko yang pernah berkelana ke berbagai pelosok dunia pada Abad Pertengahan. 


Dalam jangka waktu tiga puluh tahun, Ibnu Batutah menjelajahi sebagian besar Dunia Islam dan banyak negeri non-Muslim, termasuk Afrika Utara, Tanduk Afrika, Afrika Barat, Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Tiongkok. 


Menjelang akhir hayatnya, ia meriwayatkan kembali pengalaman-pengalamannya menjelajahi dunia untuk dibukukan dengan judul Hadiah Bagi Para Pemerhati Negeri-Negeri Asing dan Pengalaman-Pengalaman Ajaib.


Riwayat perjalanan Ibnu Batutah menyajikan gambaran tentang peradaban Abad Pertengahan yang sampai sekarang masih dijadikan sumber rujukan dan "Penemu Pertama 300 Jalur Laut".


Abbas bin Firnas

Penemu Pertama Prototipe Pesawat Terbang

Abbas bin Firnas juga dikenal sebagai Abbas Abu al-Qasim bin Firnas ibn Wirdas al-Takurini, adalah seorang polimatik Andalusia, seorang penemu, fisikawan, kimiawan, teknisi, musisi Andalusia dan penyair berbahasa Arab.


Abbas bin Firnas juga dikenal banyak kalangan hingga kini sebagai penemu pertama "Prototipe Pesawat Terbang".


Ibnu Khaldun

Bapak Ilmu Historiografi, Sosiologi, dan Ekonomi

Ibnu Khaldun, nama lengkap: Abu Zayd 'Abd al-Rahman ibn Muhammad ibn Khaldun al-Hadrami  adalah seorang sejarawan muslim dari Tunisia dan sering disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi dan ekonomi. Karyanya yang terkenal adalah Muqaddimah.


Ibnu Khaldun lahir pada 27 Mei 1332 dan meninggal pada 19 Maret 1406.


Ibnu Khalaf Al-Muradi

Penemu Pertama Jam Mekanik Beserta Sistemnya

Ibn Khalaf al-Murādī adalah seorang insinyur Andalusia pada abad ke-11.


Al-Murādī adalah penulis naskah teknologi berjudul Kitāb al-asrār fī natā'ij al-afkār, Kitab Rahasia Hasil Pikiran atau Kitab Rahasia Hasil Gagasan ) Itu disalin dan digunakan di istana Alfonso VI dari León dan Kastilia di Spanyol Kristen pada abad ke-11.


Naskah tersebut memberikan informasi tentang "Jam Kastil dan Gazelle" dan banyak bentuk lain dari jam rumit dan perangkat cerdik.


Pada tahun 2008, Kitab Rahasia al-Muradi diterbitkan dalam faksimili, diterjemahkan dalam bahasa Inggris/Italia/Prancis/Arab dan dalam edisi elektronik dengan semua mesin yang ditafsirkan dalam 3D, oleh pusat studi Italia Leonardo3.


Ibn Khalaf al-Murādī juga merupakan "Penemu Pertama " Jam Mekanik Beserta Sistemnya".


Al-Jazari (Penemu Robotik Pertama)

Penemu Robotik Pertama di Dunia

Abū al-'Iz Ibn Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī adalah seorang Ilmuwan dari Al-Jazira, Mesopotamia, yang hidup pada abad pertengahan. Dia adalah penulis Kitáb fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) tahun 1206, di mana dia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya.


Hanya sedikit yang diketahui tentang Al-Jazari, dan kebanyakan berasal dari perkenalannya dari buku "Pengetahuan Ilmu Mekanik". 


Nama Al-Jazari berasal dari tempat kelahirannya, Al-Jazira, Mesopotamia yang merupakan nama tradisional Arab untuk wilayah di batian utara Mesopotamia dan sekarang dikenal sebagai wilayah tenggara Turki, di antara Sungai Tigris dan Sungai Efrat. 


Seperti ayahnya, dia mengabdi sebagai kepala insinyur di Istana Artuklu, kediaman dari Dinasti Artuqid cabang Mardin yang memerintah wilayah timur Anatolia sebagai wilayah pengikut dari Dinasti Zangid dan selanjutnya Dinasti Ayyubiyyah.

0 Comments: