Headlines
Loading...
Mahasiswa KKN UNIQHBA melakukan penyuluhan pencegahan stunting

Mahasiswa KKN UNIQHBA melakukan penyuluhan pencegahan stunting

  


Lombok Tengah, Viraltodayntb.com  - Mahasiswa KKN Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu Lombok Tengah bersama seluruh masyarakat Bajur melakukan senam dan penyuluhan pencegahan stunting di Dusun Dajur, Desa Bujak, kecamatan Batukliang Lombok Tengah.


Sebelum dilakukan penyuluhan, Mahasiswa KKN mengajak Senam germas ( gerakan Masyarakat Hidup Sehat ) yang dipimpin langsung oleh mahasiswa KKN sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan istirahat sambil menonton vidio klip terkait stunting. Penyuluhan tersebut dilakukan untuk menekan angka stunting di Indonesia, khususnya di lombok tengah, desa bujak dusun bajur, dengan memberikan pengetahuan lebih dalam konsep stunting serta penyebab ataupun pencegahan yang dapat dilakukan. 


Penyuluhan tersebut berjudul "Pencegahan Stunting"  dengan Narasumber saudari Widya Kusuma Astuti, "Stunting ini disebabkan oleh kekurangan gizi sejak masa kehamilan sampai bayi terlahir di dunia atau biasa disebut dengan 1000 hari pertama kehidupan" tuturnya senin 13/3/2023


Selain itu, Supardi selaku ketua KKN posko VIII Dusun Bajur menegaskan " supaya selalu menjaga kesehatan dan pola makan anak serta memberikan imunisasi di posyandu atau puskesmas terdekat supaya anak dapat kekebalan tubuh dari penyakit berbahaya ". Ujarnya


Adapun pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan kesehatan ibu hamil secara berkala, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta memberikan asupan gizi yang baik dan cukup. Selain itu juga stunting ini dapat dicegah dengan melakukan inisiasi menyusu dini (IMD) dan kemudian dilanjutkan pemberian ASI eksklusif.


semoga Masyarakat Bajur kedepan lebih baik pastinya,dan terbangunnya sinergisitas kerja sama yang lebih baik dengan lintas sektoral seperti pemerintah desa, dan UPTD Bujak di wilayah kecamatan Batukliang." Harapnya.


(Viraltodayntb.com/Wr) 

0 Comments: