Headlines
Loading...
Kadikes Mengajak Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan  untuk Menekan Terjadinya Kematian Ibu dan Bayi di Lombok Barat.

Kadikes Mengajak Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan untuk Menekan Terjadinya Kematian Ibu dan Bayi di Lombok Barat.

 

Lombok Barat, Viraltodayntb.com - Kasus Kematian Ibu dan Kematian bayi di Daerah ini masih terus terjadi. Dari data laporan yang ada selama triwulan 1 tahun 2023 tercatak sudah terjadi 4 kasus kematian ibu melahirkan dan kasus kematian neonatal (bayi baru lahir) tercatat sudah 10 kasus. Banyak faktor penyebab masih seringnya kejadian kematian ibu melahirkan tersebut diantaranya pendarahan yang terjadi pada ibu melahirkan.


Untuk mecari titik terang dari sebab kematian dan upaya-upaya antisipasi yang dapat dilakukan oleh seorang Bidan dan Dokter pada saat menemukan kasus tersebut, dikupas tuntas dalam Audit Maternal Perinatal (AMP) yang digelasr di Aula Dikes Lobar pada Kamis (13/4/2023).


Dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat Arief Suryawirawan yang didampingi Kabid kesmas Wine Frida DP.SST, mengajak semua tenaga kesehatan baik Dokter atau Bidan yang terlibat dalam pelayanan ibu hamil, pertolongan persalinan dan perawatan ibu nifas untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pelayanan  dan berusaha memberikan pelayanan yang maksimal untuk menekan terjadinya kematian ibu dan bayi di Lombok Barat. 


Kadikes menyarankan agar nantinya rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh Dokter Spesialis Obgyn & Ginekologi yang menjadi narasumber ahli ini untuk dilaksanakan dan diterapkan dalam pelayanan kepada ibu hamil dan melahirkan. Dengan demikian resiko kematian dapat di cegah sehingga harapannya akan berdampak terhadap meningkatkan Usia Harapan Hidup di Lombok Barat,harapnya.


Fri Noviani,SKM selaku programer Kesehatan Keluarga Dikes Lobar menjelaskan dari hasil kajian pada AMP ini beberapa penyebab kematian ibu yang terjadi adalah kasus pendarahan dan kasus jantung yang dialami oleh pasien. Dengan adanya kajian ini menurut Fri akan menambah wawasan petugas dalam pelayanan dan diharapkan rekomendasi yang di berikan narasumber ahli dalam kegiatan AMP kali ini dr.Yenny,Sp.OG salah satu dokter spesialis di RUD Patut Patuh Patju Gerung, akan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya untuk dalam pelayanan berikutnya.


(Viraltodayntb.com/Red) 

0 Comments: