Headlines
Loading...
Safari Ramadhan 1444 H Kapolda NTB bersama Kakanwil Kemenag Prov. NTB di wilayah Kab. Lombok Tengah

Safari Ramadhan 1444 H Kapolda NTB bersama Kakanwil Kemenag Prov. NTB di wilayah Kab. Lombok Tengah

 


Lombok Tengah, Viraltodayntb.com - Kemenag Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), termasuk di dalamnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang selama ini menjadi perhatian dunia.


Dengan digelarnya berbagai event internasional WSBK dan MotoGP,Kapolda Dan Kakanwil kemenag NTB meminta seluruh stakeholder yang terjun di masyarakat di antaranya Penyuluh Agama Islam,Babinsa dan bhabikamtibmas menjaga citra baik Lombok Tengah.


Dalam hal ini, orang nomor satu di jajaran kepolisian dan Kemenag NTB, diminta untuk membantu TNI-Polri dalam menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing


Kondusifitas wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi komitmen bersama antara Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. Djoko Poerwanto dan Kepala Kanwil Kemenag NTB H. Zamroni Aziz . Hal itu terungkap dalam Safari Ramadhan 1444 Hijriyah,selasa (5/4/2023), di Masjid Agung Praya Lombok Tengah.


Kakanwil NTB H.Zamroni Aziz, SH.I.MH.I berharap bahwa moment Safari Ramdhan ini kita bersama-sama Bapak Kapolda NTB untuk menjaga kondusifitas serta keamanan lingkungan masyarakat yang aman dan damai,” tutur H.Zamroni Aziz


Kakanwil Kemenag NTB menekankan, kita boleh berbeda keyakinan, karena kita hidup ditengah keberagamaan agama yang ada, namun kita satu saudara dalam konteks hidup berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI,” tutur H.Zamroni Azis SH.I, MH.I.


Lebih Lanjut Kepala Kanwil Kemenag NTB H. Zamroni Aziz Menyampaikan, Safari Ramadan ini, momen untuk memperkuat moderasi beragama.


“Momen Safari Ramadan ini, kami hajatkan untuk memperkuat semangat moderasi beragama di tengah masyarakat NTB yang pluralisme,” katanya.


Dirinya juga mengajak, agar masyarakat bersama-sama menjaga kekondusifian serta keamanan lingkungan. “Keberagaman bukan menjadi alasan untuk terpecah belah. Namun keberagaman di Indonesia merupakan anugerah,” ujarnya.


Sebelumnya, Safari Ramadan Kapolda bersama Kepala Kemenag itu, berlangsung di wilayah Cakranegara Kota Mataram dan Gerung Lombok Barat Kegiatan semacam itu akan terus berlanjut, sepanjang bulan Ramadan 1444 Hijriah ini kegiatan ini harapannya bisa menyapa segenap masyarakat di Kab. Lombok Tengah dan bisa bernilai ibadah dihadapan Allah Swt terselenggaranya program kegiatan Safari Ramadhan 1444 H antara keluarga besar Polri bersama Kakanwil Kemenag Prov. NTB adalah atas inisiasi dari Bapak Kapolda NTB yang menginginkan dengan moment bulan Ramadhan ini bisa lebih memepererat hubungan silaturahmi antar instansi dan utamanya seluruh kalangan masyarakat.


Merasa bangga telah berkolaborasi dengan Polri, karena NTB merupakan salah satu Provinsi yang pertama kali menyelenggarakan kegiatan tersebut dari Provinsi lain di Indonesia.


Mengakhiri sambutan mengharapkan kerja sama dari semua pihak guna menciptakan harkamtibmas yang aman, nyaman dan terkendali di wilayah NTB.


Sementara itu Jendral Polisi Bintang dua menyampaikan, tidak ada tempat di wilayah Nusa Tenggara Barat, bagi orang yang tidak ingin Nusa Tenggara Barat aman,” kata Kapolda NTB.


“Ini adalah komitmen kami dan harus didukung oleh semua pihak,” imbuhnya.


Menurut Kapolda NTB, toleransi keberagaman dan keberagamaan yang telah tercipta di NTB harus terus dipertahankan dan kian ditingkatkan.


“Nusa Tenggara Barat bisa dikatakan sebagai miniatur Nusantara dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Ini harus terus dipupuk dengan bersama-sama menjaga harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, red),” ujarnya.


Sementara menanggapi beberapa pertanyaan berbagai elemen masyarakat mulai curanmor hingga aturan pernikahan, dalam sesi tanya jawab yang dimoderatori Kakanwil Kemenag NTB, Perwira Tinggi (Pati) Polri bintang dua kelahiran Pekalongan Jawa Tengah itu mengatakan, personel Polri yang bertugas hingga ke tingkat terendah terus berupaya menekan angka curanmor dan tindak pidana atau kejahatan lainnya.


Kapolda NTB juga mendatangi masyarakat yang hadir, untuk berdialog langsung sembari sesekali memanggil personel Bhayangkara Pembina Keamanan Masyarakat.


Dalam kesempatan Safari Ramadhan yang mengusung tema “Merajut Kebersamaan untuk NTB Gemilang” itu, Kapolda dan Kakanwil Kemenag NTB menyerahkan bantuan berupa mushaf al-Quran dan bantuan dana.


Tapak hadir dalam Safari Ramadhan di Masjid Agung Lombok Tengah tersebut, beberapa Pejabat Utama (PJU) Polda NTB,Bupati, Kapolres Lombok Tengah, Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Kemenag Lombok Tengah dan Kepala Madrasah dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) beserta Staf se-Kab. Lombok Tengah, BabinsaTNIAD, Bhabinkamtibmas Se-Kab. Lombok Tengah serta Masyarakat lombok Tengah yang Hadir sehingga kalau dijumlahkan sebanyak 1000 Orang yang hadir.


(Viraltodayntb.com/Wr) 

0 Comments: