Headlines
Loading...
Tim Gerak Cepat Dikes Lobar Laksanakan VCT Mobile Sebagai "Strategy Use Of Arv" Untuk Penanganan OD-HIV

Tim Gerak Cepat Dikes Lobar Laksanakan VCT Mobile Sebagai "Strategy Use Of Arv" Untuk Penanganan OD-HIV

 

Lombok Barat, Viraltodayntb.com - Sebagai upaya  untuk meningkatkan capaian pengobatan dengan sisten Anti Retroviral (ARV) pada pasein Orang Dengan HIV (OD-HIV) dan pada kasus baru yang ditemukan positif, Dinas Kesehatan Lombok Barat bersama LSM Mitra Inset menggelar Pertemuan Koordinasi Mendukung SUFA (Strategi Use Of ARV). Kegiatan dilaksanakan di Mataram pada Selasa 16 Mei 2023.


Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat Arief Suryawirawan, S.Si., Apt., MPH, dalam arahannya di acara tersebut meninta supaya tim gerak cepat dalam pelaksanaan VCT Mobile dan menjaring sebanyak-banyaknya populasi kunci yang ada, agar target penemuan dan pengobatan OD-HIV cepat tercapai.


Sementara itu Kepala Bidang P3KL Dikes Lobar dr. H. Ahmad  Taufik Fhatoni menjelaskan, bahwa SUFA merupakan Strategic Use for Anti Retroviral, dengan kata lain merupakan strategi komprehensif untuk penanganan HIV dengan memanfaatkan obat ARV semaksimal mungkin. 


dr.Fathono menjelaskan bahwa tahun 2023 ini capaian target HIV untuk indikator testing baru mencapai 16.07% atau 4.250 test dari target 26.673 test, sedang target temuan baru kasus HIV mencapai 0,26%. Dari data ini perlu peningkatan layanan promotif dan preventif melalui Mobile VCT pada populasi kunci, dan setiap petugas di Puskesmas agar patuh terhadap pengentrian Layanan di aplikasi SIHA, ungkapnya.


Kegaiatan ini dihadiri oleh Tim RSUD Patut Patuh Paju, RSUD  Awet Muda Narmada, Petugas Puskesmas Meninting, Puskesmas Gunung Sari, dan Puskesmas Narmada, serta Tim Surveilance Penyakit Dikes Lobar bersama Tim Mitra Inset.


(Viraltodayntb.com/Red ) 

0 Comments: