Headlines
Loading...
Babinsa Bilebante Bina Karang Taruna Melalui Tari Puspanjali di Pura Buanakerta Jenggala

Babinsa Bilebante Bina Karang Taruna Melalui Tari Puspanjali di Pura Buanakerta Jenggala

 

Lombok Tengah NTB, Viraltodayntb.com – dalam rangka mengembangkan potensi generasi muda, Babinsa Bilebante, Serka Ahmad Sohdi, bersama pemerintah desa melakukan program pembinaan kepada karang taruna desa bilebante melalui Tari Puspanjali di Pura Buanakerta Jenggala, Dusun Jenggala desa bilebante kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah. 

Program ini bertujuan untuk memberdayakan generasi muda desa bilebante melalui kegiatan positif yang mendukung pelestarian budaya dan agama secara menyeluruh bertahap, bertingkat dan berlanjut. 

“Kegiatan Tari Puspanjali Jenggala yang dilakukan oleh karang taruna diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pemuda untuk mengembangkan potensi diri serta berperan aktif dalam menjaga keharmonisan masyarakat,” ungkap Sohdi saat memantau langsung latihan tari Puspanjali Senin, (15/7/2024). 

Program pembinaan ini mencakup pelatihan dalam berbagai aspek, seperti seni tari tradisional khas bali, kepemimpinan, dan keterampilan organisasi. Dengan dukungan penuh dari pemerintah desa dan Babinsa, diharapkan Karang Taruna desa bilebante dapat semakin aktif dalam kegiatan sosial dan budaya di Pura Buanakerta Jenggala. 

Kepala Desa Bilebante Zainal Arifin mengatakan, kegiatan pelatihan dan pembinaan karang taruna ini sangatlah bermanfaat dan bernilai bagi kemajuan masyarakat desa bilebante, selain sebagai pemersatu dan kerukunan agama juga sebagai ajang silaturahmi antara pemerintah desa dan masyarakat. 

"Program pembinaan ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan anggota Karang Taruna, tetapi juga mempererat hubungan dan toleransi serta komunikasi antar dua lintas agama yang ada di desa bilebante," ujar Kades. 

Kegiatan pelatihan yang dilakukan dalam beberapa sesi ini meliputi pengenalan terhadap tradisi lokal, teknik tari, dan manajemen seni tari khas Bali yang di tampilkan dan di iringi dengan musik gamelan khas Bali. 

Dengan adanya program binaan ini, diharapkan Karang Taruna bilebante melalui pembinaan Tari Puspanjali di Pura Buanakerta Jenggala akan semakin berkontribusi pada pelestarian budaya dan pengembangan potensi generasi muda maupun pererat toleransi beragama," tandasnya.

(Viraltodayntb.com/Wr) 

0 Comments: