Headlines
Loading...
Lombok Tengah Terapkan Pengawasan Melekat dan Uji Petik Pelaksanaan Coklit

Lombok Tengah Terapkan Pengawasan Melekat dan Uji Petik Pelaksanaan Coklit

 

Lombok Tengah NTB, Viraltodayntb.com - Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilaksanakan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Pengawasan dilakukan dengan cara melekat dan uji petik.

"Pengawasan melekat untuk memastikan Pantarlih melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih sesuai dengan prosedur dan pengawasan uji petik untuk memastikan hasil kerja pencocokan dan penelitian, " ungkap Koordinator Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Lombok Tengah Usman Faesal.

Pengawasan melekat lanjutnya dilaksanakan pada 1.686 TPS dengan jumlah pantarlih sebanyak 2.919 orang yang tersebar di 12 kecamatan dan 154 Kelurahan/Desa dan menemukan 71 orang Pantarlih terdfatar dalam SIPOL KPU dari sebanyak 2.919 orang yang direkrut oleh KPU Kabupaten Lombok Tengah.

"Dalam hal ini Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah melalui Panwascam telah memberikan saran perbaikan kepada PPK setempat, " ungkapnya.

Ia menambahkan, selama proses pengawasan pihaknya banyak menemukan banyak pantarlih belum mencoklit pemilih tetapi sudah menempel stiker cokli, Pantarlih tidak mencoklit pemilih secara langsung hingga pantarlih tidak meminta pemilih untuk menanda tangani stiker coklit.

"Banyak temuan yang kita temukan selama proses pengawasan. Sampai Pantarlih memasukkan nama anggota keluarga yang sudah meninggal dunia dalam stiker coklit juga kita temukan, " jelasnya.

(Viraltodayntb.com/Wr) 

0 Comments: