Headlines
Loading...
Peduli Petani Tembakau, Babinsa Bantu Pemupukan Tanaman Tembakau di Desa Jango

Peduli Petani Tembakau, Babinsa Bantu Pemupukan Tanaman Tembakau di Desa Jango

 

Lombok Tengah NTB, Viraltodayntb.com – Dalam upaya mendukung kesejahteraan petani lokal dan meningkatkan produktivitas tanaman tembakau, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jango Serda Nanang Gunawan membantu petani melakukan kegiatan pemupukan tanaman tembakau di Desa Jango, Kecamatan Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan pertanian yang diinisiasi oleh TNI sebagai wujud kepedulian terhadap sektor pertanian di daerah melalui peningkatan hasil dan produktivitas tembakau. 

“Kami hadir di sini untuk membantu para petani memahami teknik pemupukan yang tepat guna untuk meningkatkan hasil dan produktivitas panen tembakau mereka," ujar Serda Nanang Gunawan saat terjun membantu petani melakukan pemupukan Minggu, (14/7/2024). 

Menurutnya, kegiatan pemupukan ini dilaksanakan di beberapa lahan tembakau milik petani setempat yang sedang memasuki fase penting dalam siklus pertumbuhannya. 

Pihaknya juga langsung turun ke lapangan untuk memberikan pemahaman mengenai teknik pemupukan, mengatasi gangguan gulma yang efektif serta membantu dalam proses fase masa tanam hingga pembersihan gulma dan pemanenan tembakau. 

"Dengan memberikan dukungan langsung di lapangan, kami harap petani dapat lebih produktif dan mendapatkan hasil yang maksimal dari tanaman tembakau mereka tanpa gangguan hama," terang Nanang Gunawan. 

Sementara, Dahlan salah satu petani tembakau, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Babinsa yang peduli dengan petani tembakau saat melakukan pemupukan  dan pembersihan gulma di desa jango. 

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Babinsa. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami petani tembakau. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi perekonomian kami” ungkap Dahlan. 

Kegiatan pemupukan ini merupakan bagian dari komitmen Babinsa untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui sektor pertanian yang notabene wilayah Janapria khususnya desa jango merupakan wilayah penghasil tembakau. 

"Dukungan ini diharapkan dapat memotivasi petani untuk terus berinovasi dan meningkatkan hasil pertanian mereka, serta berperan dalam pengembangan ekonomi lokal di wilayah jango," tandasnya.

(Viraltodayntb.com/Wr) 

0 Comments: