Headlines
Loading...
Komunitas Peternak Kambing Gelar Kontes Kambing PE Ras Kaligesing Di Lombok

Komunitas Peternak Kambing Gelar Kontes Kambing PE Ras Kaligesing Di Lombok

 

Lombok Tengah NTB, Viraltodayntb.com - Komunitas Peternak Kambing (KPK) menggelar kontes kambing seni Peternakan Etawa (PE) ras Kaligesing, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79 tahun 2024, di lapangan desa prako kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah. 

Acara ini bertujuan untuk menampilkan keunggulan dan potensi kambing Etawa ras Kaligesing, sekaligus untuk mempromosikan seni peternakan kambing komunitas Peternakan kambing Lombok bersatu tahun 2024. 

Ketua Panitia Kontes kambing seni Lalu Nirwan mengatakan, "Acara ini merupakan wujud komitmen KPK untuk mendukung pengembangan peternakan kambing di Indonesia, khususnya ras Etawa," ujar lalu Nirwan memantau langsung pelaksanaan kontes Minggu, (18/8/2024). 

Kami berharap kontes ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk silaturahmi antar komunitas serta berbagi pengetahuan dan meningkatkan kualitas peternakan kambing di tanah air." tambahnya. 

Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan ratusan komunitas peternak dan pecinta kambing etawa dari berbagai daerah yang ada di NTB. Selain kompetisi utama yang menilai kualitas fisik dan kesehatan kambing, panitia kontes juga menghadirkan dewan juri langsung dari luar pulau Lombok. 

"Karena tujuan utama dari acara ini adalah untuk lebih memasyarakatkan dan menggugah hati masyarakat untuk memelihara ras kambing etawa khususnya di Lombok tengah," terang Nirwan. 

Sementara ketua dewan juri Samad mengungkapkan, para peserta yang ikut kontes akan bersaing dalam berbagai kategori mulai dari kata gori seni hingga katagori kambing ekstrem. 

"Salah satu yang kita nilai secara umum katogori seni yaitu dari ujung kepala hingga kaki seperti, penampilan umum, kualitas jumlah susu, kekuatan genetik, telinga, kesehatan kambing, bentuk rambut dan seni lainnya yang ada di kambing tersebut," ucapnya. 

Sedangkan katagori kambing ekstrem yang kita nilai adalah bobot berat kambing, tinggi rata rata, rambut, mata, kaki, ekor, telinga hingga bentuk kepala yang nanti akan ditentukan dengan nilai tersendiri," tambah Samad. 

Kontes Kambing Seni Peternakan Etawa Ras Kaligesing di Lombok Tengah diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi perkembangan industri peternakan kambing di Indonesia, serta memperkuat jaringan komunitas peternak di seluruh nusantara.

(Viraltodayntb.com/Wr) 

0 Comments: